Hal-hal kecil yang menjadi perubahan besar

Judul : Tipping Point
Penulis : Malcolm Gladwell
Penterjemah :
Penyunting
:
ISBN : 9789792201024
Halaman : 350
Penerbit : Gramedia
Cetakan : I, September 2003

Buku ini mengungkapkan kisah-kisah bagaimana sebuah epidemi bisa mewabah di masyarakat. Dalam bukunya, Malcom Gladwell menyebutkan bahwa suatu perubahan terjadi karena satu (atau dua atau tiga) unsur perubahan yaitu Hukum yang sedikit (the Law of the Few), Faktor kelekatan (the Stickness Factor) dan kekuatan konteks (the power of context).

Keberhasilan suatu epidemi sosial dengan usur perubahan hukum yang sedikit sangat bergantung pada keterlibatan orang-orang yang memiliki keterampilan sosial seperti para penghubung (connectors, para bijak bestari (meaven, dan para penjaja (salesement.

Menarik karena dalam buku ini, diberikan contoh-contoh epidemi yang mewadah karena berbagai unsur perubahan yang terjadi. Dari berbagai contoh, yang menarik bagi saya adalah bagaimana mengatasi kajahatan di kereta bawah tanah New York dengan hanya menghapus grafiti dinding. Tampak suatu hal yang kecil, namun kejahatan yang besar justru berawal dari kejahatan yang kecil. Dan peanggulangan terhadap kejahatan yang kecil tersebut tenyata berdampak besar. Mungkin Indonesia juga bisa menerapkan semacam ini, dari segudang permasalahan yang ada, selesaikan permasalahan yang kecil.. bisa jadi dampaknya akan besar.
Kemudian ulasan tentang epidemi merokok di kalang remaja, cukup menginspirasi.. alih-alih memerangi proses coba-coba sebaiknya mengusahakan agar coba-coba tersebut tidak berakibat serius.

Dalam, akhir bab bukunya, Malcom Gladwell kembali menegaskan bahwa tipping point adalah penegasan kembali tentang adanya potensi untuk berubah dan dahsyatnya suatu langkah yang tepat. Coba perhatikan dunia sekitar Anda. Kelihatannya seperti mustahil dirubah, mustahil digoyah. Sesungguhnya tidak demikian Dengan dorongan seringan-ringannya-asal di tempat yang tepat-apa pun dapat kita ungkit.

Saya berfikir seandainya Malcom Gladwell tinggal di Indonesia, mungkin bahasan bukunya akan lebih kaya dan menarik dengan mebedah membedah penyakit akut yang melanda negeri ini,dan memberikan solusi tipping point atas permasalahan sosial yang dihadapi 😀

Advertisements
Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: