Mengurai arti sebuah nama

Judul : Makna Sebuah Nama: The Namesake
Penulis : Jhumpa Lahiri
Penterjemah :
Pewajah Isi :
ISBN : 9792223088
Halaman : 331
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 2006

“What’s in a name?

That which we call a rose by any other word would smell as sweet.”

-Shakespeare’s Romeo and Juliet-

Apalah arti sebuah nama bagi Gogol? Dia merasa baik-baik saja dengan namanya ketika mulai untuk sekolah. Bahkan ketika Ibu dan Bapaknya mencoba menganti namanya menjadi Nikhil karena budaya orang India yang memberi 2 nama yaitu nama panggilan yang bersifat pribadi dan spontan serta nama bagus sebagai alat identifikasi bagi dunia luar, Gogol menolak. Dia tak keberatan untuk dipanggil Gogol.

Ketika beranjak remaja, Gogol tahu bahwa ayahnya memberinya nama Gogol karena sangat mengagumi pengarang Nikolai Gogol. Namun, ketika gurunya memberikan sejarah tentang pengarang Nikolai Gogol, dia merasa tidak menyukai namanya. Ketika mendaftar ke univeritas dia mulai merubah namanya menjadi Nikhil. Seiring dengan berubahnya namanya, perilakunya pun berubah. Sampai pada suatu hari, dia mengertahui sebuah kisah dibalik namanya, sejarah mengapa ayahnya memberinya nama: Gogol. Yang membuatnya merasa sedikit menyesal telah mengganti namanya. Pada akhirnya nama Gogol akan hilang seiring dengan berjalannya waktu… dia dikenal dengan nama Nikhil.
Tentu saja, dalam buku ini, tidak hanya diceritakan mengenai Gogol saja, tetapi juga ayah dan Ibunya serta adiknya. Orang tua Gogol berasal dari India, setelah mereka menikah mereka pindah ke Amerika Serikat.
Ashima (ibunya gogol) merasakan hidup yang berat di tempat asing- suatu masa penantian yang abadi, beban yang tetap, perasaan tidak enak yang terus menerus. Berada di tempat asing berarti terus menerus mengemban tanggung jawab, suatu sisipan ke dalam apa yang pernah menjadi suatu kehidupan biasa,, hanya untuk mendapati bahwa kehidupan yang lama sudah lenyap, diganti suatu yang lebih rumit dan lebih menuntut .

Dalam buku ini digambarkan bagaimana orang tua Gogol berusaha untuk tetap mempertahankan tradisi India dengan pelan-pelan menerima budaya Amerika. Dengan membaca buku ini, saya jadi tahu tentang budaya India dan juga mendapatkan gambaran tentang kehidupan keluarga yang jauh dari tanah airnya. Meskipun anak-anaknya diperkenalkan dengan tradisi dan nilai-nilai India, namun mereka lebih suka bergaya Amerika. Pada akhirnya orang tuanya berkompromi terhadap apa yang menjadi pilihan anaknya. Namun akhirnya Gogol menyadari bahwa orang tuanya menjalani hidup mereka di Amerika dengan pengorbanan, dengan daya tahan yang mungkin tidak ia miliki.  Selama bertahun-tahun ia berupaya menjaga jarak dari asal-usulnya,sedangkan orang tuanya berupaya menjebatani jarak tersebut sebaik mungkin.

Saya suka bagimana pengarangnya menggambarkan hubungan yang harmonis keluarga Gogol, memperbandingkannya dengan kehidupan keluarga Amerika yang penuh dengan kebebasan…

Saya suka dengan ide, bahwa sebuah buku bisa mempengaruhi dan menyelamatkan hidup seseorang 🙂

Oiya, buku ini merupakan novel dewasa, jadi banyak adegan yang menurut saya kalau ga digambarkan juga tidak akan mengurangi isi dan jalan ceritanya.

Terakhir, saya mencatat kata-kata keren untuk saya:

…”Kau masih muda. Bebas,” katanya sambil merentangkan tangan lebar-lebar untuk menekankan perkataannya. “Berbuat baiklah pada dirimu sendiri sebelum terlambat. Jangan pikirkan apa-apa dulu, kemasilah barang-barangmu dan pergilah melihat sebanyak mungkin dunia ini. Kau tidak akan menyesal. Suatu hari nanti tahu-tahu sudah terlambat.”

“Kakekku selalu mengatakan itulah guna buku-buku,” kata Ashoke, memanfaatkan kesempatan untuk membuka buku di tangannya. “Membawa kita ke banyak tempat tanpa perlu bergerak sedikitpun.”

Advertisements
Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: