Hati yang damai

Judul : Hati Yang Damai
Penulis :  Nh. Dini
Penyunting :
Pewajah Isi :
ISBN :
Halaman : 90
Penerbit : PT. Pustaka Jaya
Cetakan :

“Antara kita ada pengertian yang besar, ada persamaan yang besar. Hanya dari dulu ada satu beda:aku mencintaimu dan kau tidak mencintaiku.”

Dalam buku ini, menceritakan tentang kehidupan suami istri, dimana sang suami adalah seorang pilot tentara. Maka seringkali sang suami meninggalkan sang istri. Saat suaminya sedang bertugas, masa lalu sang istri muncul kembali… Bukan hanya cinta segitiga saat dulu pernah menimpa sang Istri, sekarang menjadi cinta segiempat. Bagaiamana sang istri berusaha untuk menemukan kembali kedamaian sebelum masa lalu muncul dihadapannya.

Ini merupakan pertama kalinya saya membaca buku novel roman karya NH. Dini. Dalam buku ini, saya merasakan bahwa NH. Dini padai sekali memilihi kata sehingga meskipun novel roman adegannya (adegan yang membuat saya jauh-jauh dari novel dengan genre semacam ini) tidak digambarkan secara vulgar, meskipun begitu saya masih bisa menangkap maksudnya dan bisa mengerti cerita yang disampaikan. Juga adegan “air mata” tak digambarkan dengan berlebihan.

Dari buku ini saya belajar bahwa lari dari masalah sama sekali tak menyelesaikan masalah, sang istri dalam tokoh ini tidak menyelesaikan masalahnya dengan tuntas di masa lalunya sehingga akhirnya mereka kembali mengganggu kedamaian hatinya, juga ketidaktegasannya menolak dan keraguan akan perasaannya. Mungkin buat yang mempunyai kisah-kisah yang tidak tuntas dimasa lalu sebaiknya diselesaikan dengan segera sebelum mengganggu kedamaian hati kita dimasa mendatang.

Advertisements
Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: